Wisata Baru di Tuban Bukit Daun Jadi Alternatif Tujuan Berwisata

Diposting pada

Taman Bukit Daun adalah tempat wisata yang masih tergolong baru di Kabupaten Tuban. Bukit ini terkenal mempunyai pemandangan alam yang indah karena wilayahnya berada di ketinggian selain itu juga menjadi tujuan spot berswafoto para pengunjung,  sehingga membuat tempat ini sangat populer di kalangan anak muda sampai orang tua.

Taman Bukit Daun Reklamasi dan Bukit Herbal sendiri merupakan bekas tambang PT Semen Gersik yang dirubah menjadi sebuah taman buatan yang indah dan menakjubkan di tumbuhi berbagai macam bungga, tananam herbal  serta rindangnya pepohonan menghiasi tempat tersebut. Jarak dari pusat kota Tuban kurang lebih 22 kilometer bisa menjadi alternatif jadi tujuan berwisata.

Setelah mendapat kabar dari media sosial Facebook sebut saja Siqom bersama teman – temannya berencana akan berkunjung ke Bukit Daun dan tiba saatnya waktu itu memulai perjalanan dengan mengunakan sepedah motor  menyusuri jalan beraspal  rute yang ia tempuh berawal dari dimana dia tinggal yaitu dari desa talun melewati jalan pohon asam nglayuti menuju ke desa koro sampai pertigaan belok kiri menuju kebarat desa karanglo sampai pertigaan belok kanan lanjut ada pertigaan lagi belok kanan lurus keutara sampai gerbang terbuat dari besi sudah terlihat Bukit Daun rasa senang dalam hati akhirnya sudah cukup melelahkan sekali rasa capekpun terasa di badan. Namun semua terobati oleh keindahan alam bukit Reklamasi.Bukit Daun

Setelah sampai di Taman Bukit Daun Reklamasi dan Bukit Herbal Siqom bersama temanya memarkirkan sepeda motor di tempat parkir yang sudah  di sediakan kemudian menikmati pemandangan alam sekitar tidak lupa melakukan aktivitas foto bersama adapula yang selfie sehingga pada saat itu sanggat terasa kebahagian dalam kebersamaan.

Di lokasi Bukit Daun tempatnya di atas bukit sehingga sanggat cocok dan bagus di jadikan latar belakang berswafoto untuk mengabadikan momen keseruan saat berkunjung disamping itu udara sekitar sangat sejuk disaat musim penghujan di tambah lagi rindangnya pepohonan yang teduh membuat kita betah duduk  berlama – lama di sebuah bangku yang sudah di sediakan sambil menikmati warna – warni bunga tumbuh subur di taman tersebut. Puas menikmati keindahan Taman Bukit Daun Reklamasi dan Bukit Herbal Siqom maupun temanya menuju kerek setelah itu pulang kerumah masing – masing.

Pergi berwisata selain bisa membuat hati tenang dan bergembira melakukan kegiatan berswafoto kita juga bisa  menumbuhkan semangat budaya belajar dari tempat yang kita kunjungi karena belajar itu dapat dilakukan di manapun tempatnya. Seperti Tanaman langka yang ada  di Bukit Daun dapat dimanfaatkan sebagai wisata edukasi salah satunya terdiri dari damar, gaharu, juwet, kurma, kawista, ulin, kurma dan adapula tanaman obat -obatan bisa pengunjung jumpai di sana.

Keseruan saat foto bersama di bukit herbal satu lokasi dengan bukit daun

Menurut kabar yang beredar di google Taman Bukit Daun dan Bukit Herbal di resmikan pada tanggal 22 februari 2018 menambah daftar wisata baru yang ada di Tuban masih dalam wilayah Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, panorama alam Taman buatan PT semen Gersik berudara sejuk saat musim hujan karena keberadaanya di atas ketinggian sekitarnya di tumbuhi banyak pohon yang rimbun sehingga suasana di sekitar sangat teduh serta terdapat banyak tumbuhan herbal dari berbagai jenis.

Saat berkunjung di Taman Bukit Daun Reklamasi dan Taman Bukit Herbal saat ini belum ada tiket masuk alias gratis pengunjung bisa menikmati wisata bernuansa alam masih alami yang telah di sediakan pengelola. Keberadaannya mudah di temukan karena letaknya berada di tempat lumayan terkenal yaitu PT Semen Gersik. Taman yang ada di bangun begitu bagusnya sangat cocok buat tujuan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun sahabat sambil menikmati suasana alam sekitar.

Suasana sekitar area Taman di tumbuhi lumayan banyak  pepohonan besar-besar sehingga menjadikan lokasi ini sangat sejuk dan segar di samping itu ada tempat duduk menjadi tempat nongkrong anda sekedar menikmati makanan dan minuman yang kita bawa dari rumah atau membeli di warung-warung pinggir jalan karena saat ini di lokasi belum ada penjual. jadi tempat ini sangat cocok menjadi pilihan anda untuk menjadi tujuan berlibur berwisata bernuansa alam bersama keluarga dan sahabat berserta orang-orang tersayang.

Masyarakat sekitar Taman Bukit Daun dan Taman Bukit Herbal sangat baik dan ramah kepada para pengunjung yang datang di wilayah ini tentunya semua itu harus di barengi kitanya untuk tetap menjaga sopan santun dimanapun berada kepada siapapun sesuai adat orang jawa. Jadi jangan malu atau ragu bertanya mengenai wisata Taman  ini untuk menambah informasi serta wawasan membuat perjalanan akan menjadi lebih seru di samping bisa menikmati alam juga tahu cerita sesungguhnya tempat yang di kunjungi.

Keberadaan objek wisata Taman Bukit Daun dan Bukit Herbal lumayan jauh dari pusat kota Tuban kurang lebih 25 kilometer dan wisata bernuansa alam ini berudara sejuk karena daerah sekitar sangat natural di tumbuhi banyak pepohonan yang rindang. Walaupun cukup jauh jaraknya dari kota akses jalan menuju lokasi wisata tidaklah terlalu sulit bahkan sangat mudah di jangkau karena jalan sudah beraspal semua dapat dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta berbagai jenis kendaraan dapat masuk sampai di lokasi parkiran berikut di bawah ini rute yang bisa anda lewati.

– Rute menuju Taman Bukit Daun dan Bukit Herbal dari kota Tuban.

Rute menuju Rumah Pohon dari arah timur. Dimulai dari Kota Tuban, Patung Letda Sucipto menuju pasar merakurak lalu ada tugu belok kiri ke arah selatan menuju Desa Koro melewati mahbeser lalu masih lurus kemudian cari gapura besar di kanan kalau sudah ketemu masuk lurus kebarat menuju desa karanglo sampai pertigaan belok kanan masuk perkampungan ikuti jalan lalu ada pertigaan lagi belok kanan lurus ke utara sampai ke pintu besi nah kita sudah sampai ketempat tujuan.

– Rute menuju Taman Bukit Daun dan Taman Herbal dari wilayah barat, utara.

Rute menuju Taman Bukit Daun dan Taman Herbal dari wilayah barat,utara melewati jalur pantura Semarang – Tuban sampai tempat pelelangan ikan glondong gede pertigaan pohon beringin besar kanan masuk keselatan lurus lalu kamu akan menjumpai perempatan Sumberarum di sebelah kiri ada danau itu belok kiri memasuki daerah karanglo kemudian ada pertigaan belok kiri lurus sampai menemukan pintu besi nah kita sudah sampai di tempat tujuan.

– Rute menuju Taman Bukit Daun dan Taman Herbal dari wilayah selatan.

Rutemenuju Taman Bukit Daun dan Taman Herbal dari wilayah selatan mulai dari pertigaan Singahan lebih  di kenal dengan sebutan warung anjlok pergi menuju Kecamatan montong melewati Air terjun nglirip, desa wisata guwoterus masih lurus ketimur ikuti jalan besar sampai di turunan cari di kiri jalan ada gapura besar pertigaan desa koro itu masuk lurus kebarat menuju desa karanglo sampai menjumpai pertigaan belok kanan masuk perkampungan lalu ada pertigaan lagi belok kanan lurus saja sampai menemukan pintu besi nah anda sudah sampai ketempat tujuan.

Bagi anda yang masih binggung dengan keberadaan Taman Bukit Daun dan Taman Bukit Herbal gunakan saja aplikasi Google Map dan sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan tempat ini sebagian banyak warga lokal telah mengetahuinya. Jadi tidak perlu malu untuk bertanya agar anda tidak kesasar.

Perjalanan anda akan lebih berkesan dan kurang lengkap rasanya ketika anda berkunjung di sekitar kota Tuban belum membeli oleh-oleh khasnya yang tersebar di berbagi wilayah Salah satunya buah siwalan (ental), kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, aneka kerajinan juga ada, serta batik gedog bermotif khas yang berpusat di kecamatan  kerek dan masih banyak yang lainya bisa anda jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang di berikan kepada orang tersayang yang menunggu di rumah.

Kata pepatah, mengatakan malu bertanya sesat di jalan, maka dari itu bagi anda masih binggung atau belum dengan keberadaan Pohon Asam Nglayuti sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan objek wisata ini banyak warga lokal telah mengetahuinya. Jadi anda tidak perlu malu untuk bertanya supaya b tidak kesasar dan pastinya akan mempercepat kita sampai di lokasi yang di cari.

Saya informasikan juga kalau di Kabupaten Tuban selain banyak objek wisata alamnya juga terdapat aneka macam kuliner yang dapat memanjakan lidah serta memiliki banyak makam wali Allah tersohor se-nusantara bahkan sampai mendunia bisa anda kunjungi menjadi tujuan berwisata religi. Makam-makam tersebut selalu ramai para peziarah dari berbagai wilayah seluruh Indonesia datang berziarah dan berdoa  di makam para wali Allah diantaranya yang cukup terkenal di penjuru dunia seperti makam Sunan Mbonang berada di selatanya masjid Agung Tuban serta  Makam Asmoro Qondi berlokasi di palang dan makam Sunan Bejagung terletak di daerah Semanding. Masih banyak makam-makam lainya yang bisa anda kunjungi.

Sampai di sini sedikit ulasan menggenai Bukit Daun semoga tulisan ini bermanfaat, serta bisa menambah reprensi anda dalam mencari objek wisata yang ada di kabupaten Tuban dan jika anda berkunjung ke kota Tuban jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang dimiliki. Sudah pasti tidak di ragukan lagi  kalau Tuban Bumi Wali memiliki beragam objek wisata alam yang keren serta menakjubkan.

Pesan-pesan untuk para pengunjung tempat wisata. Mari kita bersama-sama menjaga alam kita tetap lestari salah satunya jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun tempatnya bukan hanya di objek wisata yang kita kunjungi saja. Supaya tempat-tempat tersebut tetap indah enak di pandang mata. Bukankah, kebersihan sebagian dari pada iman. Apabila ada salah kata dalam penulisan nama maupun tempat dan lainya saya sebagai penulis memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat. Terima kasih, salam (Reyvan, blogger Tuban).