Dok. Fathnan

Sensasi Kenikmatan Rujak Kowel Ibu Baidah Paciran Lamongan

Diposting pada

Paciran tidak hanya terkenal akan wisata dan budayanya saja yang mendunia. Tetapi, juga terkenal akan keberagamaannya.

Taukah kalian ? jika paciran Lamongan memilki beberapa kuliner yang perlu kalian coba. Salah satunya adalah rujak kowel, paciran

Ada beberapa warung rujak kowel di Paciran Lamongan yang sangat Legendaris. Di bagian barat ada warung Mak Nah sebagai juaranya, untuk di bagian timur ada Ibu Baidah sebagai pakarnya.

Sering disebut rujak kowel karena memang rujaknya saja terbuat dari beberapa kowelan buah-buahan. Rujak Kowel memang sudah sangat populer di kalangan orang paciran, bahkan orang-orang yang diluar paciran pun sudah sangat mengenal dengan rujak yang satu ini.

Rujak Kowel sendiri terbuat dari buah-buahan mulai buah nanas, mentimun, semangka, bengkuang, dan ada satu lagi yang menurut saya agak nyeleneh, yaitu menggunakan irisan terong mentah sebagi ciri khasnya.

Namun, jangan salah ! rujak kowel di Paciran tidak pernah sepi akan keramaian pelanggan. Kalian bisa saja antri satu jam untuk menunggu rujak kowel ini.

Untuk bumbu rujak kowel yang sering digunakan oleh para penguleg legendaris adalah trasi, garam sudah jelas, cabai dan petis ikan pindang yang diuleg dengan asam jawa hingga merata.

Kemudian setelah semua bahan diuleg secara merata, tahap terakhir adalah memberikan gula jawa merah yang di iris tipis-tipis kemudian di uleg lagi hingga halus dan bercampur.

Warung Ibu Baidah memang masih tergolong kecil. Tetapi, rasa rujak kowelnya tidak bisa dipungkiri lagi kenikmatanya, sensasi pedasnya.

Maka tidak heran jika rujak kowel Ibu Baidah sering dibanjiri pelanggan, khususnya anak pesantren Tarbiyatut Tholabah dan sekitarnya.

Tidak hanya menawarkan rujak kowel saja. Ibu Baidah juga menyediakan es dawet, es siwalan, es cao yang akan meminimalisir sensasi pedas dari Rujak Kowel.

Bagaimana, kalian tertarik dengan rujak kowel Ibu Baidah dengan harga yang ekonomis, namun rasa tetaplah manis?. Kalian hanya perlu merogoh kantong dan mengeluarkan Rp. 5.000 kemudian kalian bisa menikmati pedasnya rujak kowel Ibu Baidah kranji Paciran Lamongan, rujaknya para santri kranji.

Penulis : Fathnan

Editor : Kang Rey

2 thoughts on “Sensasi Kenikmatan Rujak Kowel Ibu Baidah Paciran Lamongan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *