Potensi Wisata Nuansa Alam Air Terjun Lembah Bongok

Diposting pada

Air Terjun Lembah Bongok – Kabupaten Tuban sebenarnya memiliki beragam keindahan alam yang menakjubkan dan banyak daerah-daerah yang berpotensi menjadi tempat wisata serta Indahnya panorama alamnya masih alami, berudara sejuk dapat kita temui dengan mudahnya karena wilayah Tuban berkarakteristik di kelilingi perbukitan salah satunya ialah Air Terjun Lembah Bongok yang bisa anda jadikan referensi mengisi waktu liburan anda saat tidak ada kegiatan. Tempat tersebut berlokasi di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Air Terjun Lembah bongok sendiri agak lumayan jauh dari kota karena tempatnya tersembunyi di balik hutan jati yang eksotis serta berada di antara perdesaan sehingga jarang orang mengetahuinya dan jarak tempuh kurang lebih sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tuban dengan lama perjalanan 45 menit mengunakan kendaraan roda dua kecepatan rata-rata 50 kilo meter perjam. Lebih baik pelan-pelan mengutamakan keselamatan saat melakukan perjalanan kemanapun agar sampai di lokasi dalam keadaan baik-baik saja supaya dapat menikmati keindahan alam yang sedang kita exsplore.

Walaupun tempatnya di tengah-tengah hutan akses jalan menuju lokasi Air Terjun Lembah Bongok ini tidaklah terlalu sulit bahkan sangat mudah di jangkau  sampai kelokasi karena jalan sudah beraspal semua dapat di lalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta berbagai jenis kendaraan dapat masuk. Potensi wisata bernuansa alam menakjubkan ini masih di wilayah perhutani.

Baca juga :kopdar blogger tuban community

Pesona Air Terjun Lembah Bongok memang tiada duanya dengan memperlihatkan tiga aliran air terjun yang bermuara di dua kolam yang air mengalir di sela-sela bebatuan khas sungai akan menjadikan kamu terhipnotis oleh keindahannya apalagi di sekitar lokasi udaranya sejuk, damai dan menenangkan sehingga cocok sekali menjadi tempat refreshing bersama keluarga dan sahabat sambil menikmati nuansa alam yang natural serta dapat mengabadikan momen foto bersama dengan berlatar belakang panorama alam begitu sangat di rasakan keharmonisannya dengan orang-orang terdekat.

Warga sekitar Air Terjun Lembah Bongok dengan kearifan lokalnya yang di miliki sangat ramah ketika ada pengunjung yang datang tentunya di barengi kitanya untuk tetap menjaga sopan santun dimanapun berada dan kepada siapapun sesuai adat orang jawa. Maka anda tak perlu ragu bertanya maupun berbincang-bincang menanyakan mengenai air terjun tersebut untuk menambah wawasan dari tempat anda kunjungi, perjalanan menjadi lebih seru kan di samping bisa menikmati alam juga tahu cerita tempat itu yang sesungguhnya.

Baca juga :pesona goa kancing

Terdapat sumber mata air jernih di Air Terjun Lembah Bongok sehari-hari yang di manfaatkan oleh warga dan konon katanya airnya dapat bisa diminum langsung dari sumbernya rasanya pun sangat segar untuk mengobati rasa haus di tenggorokan setelah menempuh perjalanan jauh. Air di lokasi ini dari sumber alami di buat warga sebagai air minum, memasak, mencuci dan mandi diambilnya dengan cara mengunakan mesin moderen, itu  terlihat dengan adanya bangunan rumah kecil dimana tempat mesin pendorong berada dengan mesin tersebut air bisa mengalir keatas kemudian di salurkan ke rumah-rumah penduduk melalui pipa yang tersambung sedemikian jauhnya.

Selain menikmati keindahan alamnya anda juga bisa berwisata religi karena sebelum sampai ke air terjun lembah mbogok di sisi kanan di bawah pohon besar ada sebuah makam leluhur yang bernama Mbah Singonegoro beliau pada jaman dahulu merupakan senopati kerajaan mataram serta seorang ulama penyebar agama islam di wilayah tersebut. Ia, mengamalkan ilmu agamanya kepada peduduk sekitar. Di Sebelah utara makam saat anda pertama kali masuk ke air terjun tapi masih agak ketimur ada sebuah goa dengan sebutan goa bayang(tempat tidur) konon menurut ceritanya goa ini tempat istrihat Mbah singgonegoro untuk melepas lelah saat seharian beraktivitas.

Potensi Wisata Bernuansa Alam Air Terjun Lembah Bongok
Di belakang bangunan ini terdapat makam Mbah Singonegoro

Disekitar makam Mbah Singgonegoro pada bulan syuro  oleh pemerintah desa (Pemdes)  bersama warga setempat setiap tahunya digelar tradisi sedekah bumi (maganan) serta pengajian umum. Acara tersebut diadakan dalam rangka untuk memperingati Haul Mbah Singgonegoro, untuk prosesi sedekah bumi sendiri adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas rahmat yang di berikan dalam hal ini disambut baik warga dengan membawa berbagai macam olahan makanan di bawa menuju makam kemudian berdoa bersama lalu di makan bersama dan saling berbagi makanan sesama warga lainya.

Baca juga :kesenian jaranan sekar budoyo

Daerah ini sebenarnya sedekah bumi pada bulan syuro, itu di gelar di dua tempat berbeda hampir bersamaan biasanya lebih dulu di makam Mbah Singgonegoro setelah itu di makam leluhur lainya bernama Mbah Maloyo Kusumo (Kilengki) yang berada di tengah-tengah perkampungan warga masih daerah yang sama dengan dusun kerokan lokasi tepatnya di Dusun Krajan, Desa Jetak, Kegiatan seperti ini sudah sejak lama menjadi agenda tahunan.

Saat ini Air Terjun Lembah Bongok sepi pengunjung walaupun ada tapi tak seramai di tahun kemarin dari berbagai wilayah berbondong-bondong mendatangi tempat ini. Yuk, ramaikan kembali pontensi wisata alam ini jadikan sebagai tujuan anda menghabiskan waktu liburan atau hari biasa hanya untuk sekedar santai melepas penat.Saran jika anda ingin berkunjung di Air Terjun Mbongok sebaiknya ramai-ramai biar lebih seru ajaklah keluarga atau sahabat dan Jangan lupa membawa bekal makanan maupun minuman karena di lokasi belum ada yang berjualan. Untuk tiket masuk sementara masih gratis anda bisa sepuasnya menjelajahi kawasan tersebut tapi jangan sampai larut malam soalnya gelap sekali.

Rute menuju Air Terjun Lembah Bongok dari wilayah utara.

Rute menuju ke Air Terjun Lembah Bongok dari wilayah Utara di mulai dari kota Tuban menuju ke barat  pasar merakurak cari tugu lalu belok kiri lurus saja keselatan kurang lebih 2 kilometer anda akan menjumpai jalan bercabang  di sisi kiri yang ada pohon besar kita pilih arah kiri ikuti jalan mentok sampai di pertigaan belok kanan lurus sampai ada pertigaan lagi belok kiri, lurus saja mentok sampai menemukan  pertigaan lalu belok kiri, lurus ikuti jalan sebelah kanan jalan  ada pertigaan nah itu belok kanan lurus sampai ke lokasi.

Rute menuju Air Terjun Lembah Bongok dari wilayah selatan.

Rute menuju Air Terjun Lembah Bongok dari wilayah selatan di mulai dari pertigaan Singahan lebih  di kenal dengan sebutan warung anjlok, pergi menuju Kecamatan montong  masih lurus ketimur ikuti jalan sampai menemukan pangkalan ojek di sisi kanan jalan bernama layuti itu belok kanan memasuki desa talun setelah gapura ada tugu depan pos belok kiri, sampai pertigaan MI Hidayat Ulum Talun belok kiri lalu lurus saja, setelah itu akan menjumpai lahan pertanian selanjutnya cari pertigaan di kanan jalan masuk lurus sudah sampai di lokasi.

Kata pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan, maka dari itu bagi anda masih binggung atau belum dengan keberadaan Air Terjun Lembah Bongok gunakan saja aplikasi Google Map dan sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan tempat ini sebagian banyak warga lokal telah mengetahuinya. Jadi tak perlu malu untuk bertanya ya biar tidak kesasar.

Sampai di sini sedikit ulasan mengenai Air Terjun Lembah Bongok, semoga tulisan ini bermanfaat serta bisa menambah referensi tujuan anda berwisata dan jika anda berkunjung ke Tuban jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang dimiliki, tidak diragukan lagi  kalau Tuban Bumi Wali memiliki pesona alam yang keren. Untuk pengunjung mari kita bersama-sama supaya untuk menjaga alam kita tetap lestari salah  satunya dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampahnya  sembarangan supaya alam ini tetap  indah di pandang mata, bukan kah, kebersihan sebagian dari pada iman, terima kasih sahabat.