Pesona Goa Kancing

Diposting pada

 

Pesona Goa Kancing -Berada di pesisir pantai utara Kota Tuban di kenal dengan sebutan Tuban Bumi Wali  mempunyai beragam keindahan alam yang tak kalah menarik dari wilayah lainnya. Banyak tempat berpotensi menjadi obyek wisata andalan dan sangat layak di kelola salah satunya Goa Kancing yang unik ini. karena Karakteristik daerahnya di kelilingi perbukitan serta berada di jalur Pantura. selain wisata pantai yang bisa kita temui, kota Tuban juga mempunyai beberapa goa bahkan sudah menjadi obyek wisata seperti goa Putri Asih, goa Akbar, goa Perut Bumi, Goa Suci dan goa Ngerong, serta masih banyak yang belum di ketahui.

Pesona Goa Kancing di Tuban ini benar-benar sangat unik berbeda dari goa pada umunya yang memiliki sebuah lorong besar serta beberapa ruangan namun tidak dengan Goa Kancing hanya berupa batu besar seperti gerbang raksasa yang saling berhadapan di atas bukit dari sinilah keunikannya dan  yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk datang. Goa Kancing sendiri terletak di Dusun Tlogo, Desa Prungahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kebupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonsia, jarah tempuh kurang lebih sekitar 7 kilometer 30 menit perjalanan menuju ke selatan dari pusat kota Tuban.

Goa Kancing
Foto Goa Kancing

Disebut Goa kancing konon dulunya adalah goa ini tertutup tidak bisa di masuki, saat ini yang bisa kita lihat hanya nampak batu besar seperti gerbang raksasa menjulang tinggi berhadapan. Selain nama dan bentuknya yang unik sekitar lokasi pemandagan alamnya juga indah serta masih alami, keunikan lain tempat ini yang anda bisa menikmati dari atas, oleh kedua mata kita terhampar luas bukit – bukit kecil  dengan warna hijau dedaunan menambah eloknya Goa Kancing tersebut.  di dukung akses jalan yang mudah, bagus serta  beraspal semua untuk anda yang memakai  kendaraan pribadi roda dua dan roda empat bisa sampai langsung kelokasi.

Baca juga : kesenian jaranan sekar budoyo

Uniknya lagi Goa Kancing lokasinya dekat dengan perkampungan warga yang berada di sekilingya dan di kanan-kirinya terbentang luas lahan pertanian yang subur dengan tanaman berupa jagung, kacang tanah ada di setiap musim penghujan kalau saat musim kemarau tanah di sekitar nampak gersang di tumbuhi rumput-rumput liar akan tetapi tidak mengurangi pesona keindahan Goa Kancing sehingga tetap enak di pandang. Cocok sekali tempat ini di buat tempat bersantai bersama keluarga dan sahabat sambil menikmati udara segar dengan panorama khas pedesaan. Disisi selatan ada bukit juga tak kalah indahnya anda bisa mencobanya naik keatas lalu melihat keutara rasakan sensasi sendiri apa yang anda lihat.

Rute menuju Goa Kancing dari arah Utara

Rute jalan menuju ke Goa Kancing dari utara di mulai alon-alon Tuban keselatan menuju  pasar baru kebarat ada perempatan pasar baru keselatan sampai pertigaan pasar klampok belok kanan lurus belok kiri terus ikuti jalan sampai perempatan belok kanan ikuti jalan ada pertigaan pertama belok kiri sampai gapura kecil depanya ada warung timurnya warung ada poskampling gang masuk lurus sekitar 2 kilometer sudah sampai dilokasi Goa Kancing.

Rute menuju Goa Kancing dari arah selatan.

Rute jalan menuju Goa Kancing dari arah selatan meliputi wilayah bagian selatan mulai dari pasar renggel pergi ke desa grabagan terus ikuti jalan menuju pemandian betiharjo keutara sampai perempatan Polsek Semanding belok kiri lurus ikuti jalan ada pertigaan belok kanan sampai menjumpai pertigaan lagi belok kiri sampai perempatan lurus saja ikuti jalan ada pertigaan pertama belok kiri sampai gapura kecil depanya ada warung timurnya warung ada poskampling gang masuk lurus sekitar 2 kilometer sudah sampai dilokasi Goa Kancing.

Rute menuju Goa Kancing dari arah barat.

Rute menuju Goa Kancing dari arah barat meliputi wilayah barat di mulai dari pasar bulu lurus ketimur melewati jalur pantura bancar, tambakboyo, jenu, masih lurus ketimur sampai  depan alon-alon tuban ketimur dikit ada pertigaan smp negeri 1 Tuban keselatan lalu ada pertigaan belok kiri lurus ada pertigaan lagi belok kanan lurus sampai menemukan Polsek Semanding ada perempatan belok kanan ikuti jalan ada pertigaan belok kanan sampai menjumpai pertigaan lagi belok kiri sampai perempatan lurus saja ikuti jalan ada pertigaan pertama belok kiri sampai gapura kecil depanya ada warung timurnya warung ada poskampling gang masuk lurus sekitar 2 kilometer sudah sampai dilokasi Goa Kancing.

Rute menuju Goa Kancing dari arah timur.

Rute menuju Goa Kancing dari arah timur meliputi wilayah timur di mulai dari tugu pakah lurus kebarat sampai ke kota Tuban hingga menjumpai pasar baru Tuban di sisi kiri masih kebarat sedikit lagi ada perempatan belok kiri tapi saat belok kiri menunggu lampunya sudah hijau ya setelah itu lurus saja keselatan sampai pertigaan pasar klampok belok kanan lurus belok kiri terus ikuti jalan sampai perempatan belok kanan ikuti jalan ada pertigaan pertama belok kiri sampai gapura kecil depanya ada warung timurnya warung ada poskampling gang masuk lurus sekitar 2 kilometer sudah sampai dilokasi Goa Kancing.

Baca juga : kopdar blogger tuban community

Bagi anda masih binggung dengan keberadaan Goa Kancing gunakan saja aplikasi Google Map dan sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan tempat ini sebagian banyak warga lokal telah mengetahuinya. Perjalanan anda akan lebih berkesan dan kurang lengkap rasanya  ketika anda berkunjung di kota Tuban belum membeli oleh-oleh khas kota Tuban yang tersebar di berbagi wilayah Salah satunya buah siwalan (ental), kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, aneka kerajinan juga ada,  serta batik gedog bermotif khas yang berpusat di kecamatan  kerek dan masih banyak yang lainya bisa anda jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang di berikan kepada orang tersayang yang menunggu di rumah.

Selain wisata alam di Kabupaten Tuban terdapat banyak makam wali Allah juga bisa menjadi tujuan anda berwisata religi. Makam-makam tersebut selalu ramai para peziarah dari berbagai wilayah seluruh Indonesia datang berziarah dan berdoa  di makam para wali Allah diantaranya yang cukup terkenal di penjuru dunia seperti makam Sunan Mbonang berada di selatanya masjid Agung Tuban serta  Makam Asmoro Qondi berlokasi di palang dan makam Sunan Bejagung terletak di daerah Semanding. Masih banyak makam-makam lainya yang bisa anda kunjungi.

Sampai di sini sedikit ulasan mengenai Goa Kancing semoga tulisan ini bermanfaat, bisa menambah referensi tujuan anda berwisata dan  jika anda berkunjung ke Tuban jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang dimiliki, tidak diragukan lagi  kalau Tuban Bumi Wali memiliki pesona alam yang keren. Untuk pengunjung mari kita bersama-sama supaya untuk menjaga alam kita tetap lestari salah  satunya dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampahnya  sembarangan supaya Goa Kancing tetap  indah di pandang mata, bukan kah, kebersihan sebagian dari pada iman, terima kasih sahabat.

7 thoughts on “Pesona Goa Kancing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *