Suasana di atas panggung saat sedang menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya"

Pagelaran Budaya, Malam Puncak Peringatan HUT KE 74 RI di Kecamatan Montong

Diposting pada

Acara puncak dalam rangka memperingati HUT KE-74 Republik Indonesia di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berlangsung sangat meriah. Jumat (30/08/2019).

Kemeriahan terlihat dari antusiasnya ribuan masyarakat datang menyaksikan berbagai acara yang digelar di lapangan Desa Montongsekar. Di acara puncak ada 2 pertunjukan budaya yakni, siang hari jam 13.00 wib sampai sore, Kesenian Jaranan Sekar Bodoyo, Jaranan termuda, Laskar Mawar Merah, hari ulang tahun Sekar Budoyo ke-11 tahun dan jam 19.00 wib pagelaran wayang kulit semalam suntuk, sekaligus tasyakuran Kepala Desa se-Kecamatan Montong.

Antraksi-antraksi sepektakuler dan mendebarkan Kesenian Jaranan Sekar Budoyo mampu menghibur serta membuat kagum para pentonton yang setia menyaksikan hingga selesai. Malam harinya di lanjut pagelaran wayang kulit dengan lakon “Pari Kesit Jadi Ratu” dalang Tri Bayu Santoso, S.sn dari jatirogo.

Suasana pertunjukan kesenian Jaranan Sekar Budoyo, Jaranan Termuda, Laskar Mawar Merah, dilapangan Montongsekar.

Turut hadir, Camat Montong, Sekcam Montong, Polsek Montong, Koramil Montong, Uptd, Kepala Desa se-Kecamatan Montong, Perangkat Desa, Sekdes, Karang Taruna Kecamatan Montong, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta seluruh segenap tamu undangan yang hadir dan lain-lain.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai. Kegiatan di awali menyanyikan lagu indonesia raya dan seterusnya sambutan Ketua Panitia PHBN Kecamatan Montong yakni, Sekretaris camat (Sekcam) Bapak Ari Wibowo Waspodo.

Ketua Umum PHBN Kecamatan Montong, Bapak Sekcam, Ari Wibowo Waspodo. Saat sedang sambutan

Dalam sambutanya, Sekcam Montong mengatakan, terlaksananya gelaran malam puncak peringatan HUT KEMERDEKAAN ke 74 Republik Indonesia Kecamatan Montong Tahun 2019 dan Tasyakuran Kepala Desa se-Kecamatan Montong periode jabatan 2019-2025 yang ditandai dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk, maka berakhir pula rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama 1 bulan lebih sejak bulan Juli kemarin.

“Kami sebagai panitia PHBN KECAMATAN MONTONG menyampaikan syukur kepada Allah SWT, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaannya, diantaranya: Forkopimcam Montong, Ka. UPTD/instansi Vertikal/Korwil Montong, Kepala Desa, Sekdes, Perangkat Desa, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, seluruh karyawan-karyawati kec Montong, Karang Taruna Kecamatan Montong, sahabat Gp Ansor, tokoh agama dan masyarakat, para donatur, para pengusaha, rekan-rekan Pramuka, para penggiat Sosmed yang menjadi penyambung lidah kami dengan masyarakat, pimpinan ormas (seluruh perguruan silat, PWRI, PGRI dll.), pimpinan lembaga pendidikan, serta seluruh pihak yang tidak dapat kami sebut satu-persatu.

“Dalam pelaksanaan kegiatan PHBN tahun ini yg bertemakan “SDM unggul, Indonesia Maju” kami mempresetasikan seluruh kegiatan dalam 4 (empat) kategori yang mempunyai tujuan masing-masing, diantaranya bersifat :

  • RELIGIUS(MTQ, pildacil).
  • KREATIF(fashion show, carnival, mewarnai, cipta menu, lomba daur ulang dll).
  • SPORTIF (volly, futsal dll).
  • CINTA TANAH AIR & BERBUDAYA (wayang kulit, jaranan, karnaval budaya, dll).

Hampir Semua kegiatan dikemas untuk dapat dilaksanakan dan dinikmati dalam segala generasi.

“Permohonan maaf kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Montong, karena kami adalah manusia biasa kami menyadari selaku pelaksana dalam penyelenggaraan belum dapat memuaskan seluruh pihak dan jauh dari kata sempurna, karenanya kami sangat terbuka utk menerima kritik saran yang membangun untuk berupaya menyempurnakan pelaksanaan di waktu-waktu mendatang.

“Malam hari ini juga akan di sampaikan beberapa apresiasi dan penghargaan bagi desa yang sudah berusaha keras utk memfasilitasi warga, lembaga dan organisasi dalam rangka berpartisipasi di kegiatan PHBN kecamatan Montong.

“Ucapan terima kasih terkhusus kepada seluruh kepala desa yang pada malam hari ini, sekaligus menyelenggarakan tasyakuran jabatan kepala desa periode 2019-2025, semoga dapat menjadi harapan tersendiri bagi masyarakat dalam 6 tahun ke depan, dan diberkahi serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT diperjalanan tugasnya nanti. Demikian sambutan kami, atas segala khilaf kami mohon maaf yg sebesar-besarnya. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA TERCINTA MERDEKAAAA….,”pungkasnya.

Setelah sambutan, dilanjutkan prosesi penyerahan apresiasi dan penghargaan untuk desa yang diserahkan langsung oleh Bapak Camat Montong, Suwoto.SE.MM, Anggota Polsek Montong, Anggota Koramil Montong dan berikut 3 desa yang mendapatkanya : Juaranya juara diraih Desa Jetak, Desa Tangguh di raih Desa Pakel, Kekompakan dan kebersamaan diraih Desa Nguluhan.

Penyerahan apresiasi dan penghargaan oleh Bapak Camat Montong, Suwoto, SE.MM kepada Sekdes Jetak sebagai peraih juaranya juara.

Acara selanjutnya sambutan Camat Montong dan dalam sambutannya Bapak Suwoto.SE.MM mengucapkan, terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut membantu dan partisipasi dalam pelaksanaan peringatan HUT kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia,”ucapnya.

“Acara puncak pagelaran wayang dan sekaligus tasyakuran Kepala Desa se-Kecamatan Montong dengan judul “Pari Kesit Jumeneng ratu” merupakan harapan kita semua supaya para Kades terpilih bisa menjalankan amanah rakyat dengan baik.

“Kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan roda pemerintahan Kecamatan Montong idaman yang sudah baik kita pertahankan dan komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,”tegas Camat Montong di akhir sambutan.

Akhir susunan acara. Yaitu penyerahan wayang dan  diserahkan Bapak Camat Montong, Suwoto, SE.MM kepada dalang Tri Bayu Santoso, S.sn dan pagelaran wayang kulit dimulai. (Kang Rey). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *