Nama Unik dan Keindahan Pantai Kutang Membuat Penasaran Wisatawan

Diposting pada

Pantai Kutang – Pesisir pantai adalah wisata yang sudah sangat populer menjadi tujuan kunjungan wisatawan karena daerahnya cocok di buat santai bersama keluarga, sahabat maupun pasangan serta bisa memberikan nuansa berlibur lebih menyenangkan dengan bermain pasir, air laut dan berenang mencari  tempat yang dangkal kalau tidak bisa berenang jangan berenang untuk keamanan bersama.

Nah, di mana kah ada wisata pantai yang indah dan bersih kali ini kita menuju Kabupaten Lamongan di sebuah pantai yang memiliki nama unik yakni, Pantai Kutang dari nama inilah  bisa bikin penasaran sebagian orang yang belum pernah datang yaitu terletak di Dukuh Kentong, Desa Labuhan,Kecamatan Brondong.Pantai Kutang

Menurut kabar yang beredar dari google Asal muasal nama pantai ini berawal dari seringnya warga melihat kutang(bra) di sepanjang pantai, pada akhirnya pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Kutang sampai sekarang. Selain juga terkenal akan keindahan hamparan pasir putih dan pohon mangrovenya, keunikan dari sebuah nama pantai ini pula yang menjadi daya tarik pengunjung di tambah  hembusan angin laut Utara begitu terasa, walaupun berada di Lamongan keberadaanya mulai di kenal masyakarat Tuban dari namanya yang unik.

Sebut saja Endy Setyo Wibowo asal Tuban anggota dari komunitas Blusukan Alam Tuban(BAT) rela datang jauh – jauh ke Pantai Kutang bersama temannya untuk sekedar mengobati rasa penasarannya oleh  keindahan dan keunikan wisata pantai tersebut sambil menikmati waktu liburan.” Ujarnya

Pantai Kutang sendiri lumayan jauh dari pusat kota Tuban maupun Kota Lamongan tapi keberadaanya mudah di temukan dengan mengunakan aplikasi Google map yang ada di ponsel android kita. letaknya juga berada di utara perkampungan warga setempat dengan jarak tempuh dari pusat kota Lamongan kurang lebih sekitar 30  kilometer dengan lama perjalanan satu jam mengunakan kendaraan roda dua kecepatan rata-rata 50 kilo meter perjam kalau dari pusat kota Tuban sendiri jarak tempuh kurang lebih sekitar 15 kilometer dengan lama perjalanan 30 menitan sudah sampai di lokasi.

Lebih baik pelan-pelan ketika mengendarai kendaraan bermotor dan mengutamakan keselamatan saat melakukan perjalanan kemanapun dalam keadaan baik-baik saja. Supaya ketika sampai di lokasi dapat menikmati keindahan alam yang sedang kita exsplore sehingga sampai tujuan dengan keadaan baik – baik saja.

Akses jalan menuju lokasi objek wisata Pantai Kutang tidaklah terlalu sulit bahkan sangat mudah di jangkau  sampai kelokasi karena jalan sudah beraspal semua dapat di lalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta berbagai jenis kendaraan dapat masuk. Potensi wisata bernuansa alam menakjubkan ini pantainya berpasir putih serta terdapat ribuan pohon mangrove yang tumbuh subur di sepanjang garis pesisir pantai wilayah tersebut sehingga menambah keindahan tempat tersebut.

Pesona Pantai Kutang memang tiada duanya dengan memperlihatkan deburan ombaknya yang menarik akan menjadikan kamu terhipnotis oleh keindahannya dan secara langsung kita bisa menikmati semilirnya angin laut sepoi-sepoi di atas jembatan kayu serta sekitar lokasi udaranya berhembus dapat membuat hati damai dan menenangkan sehingga cocok sekali menjadi tempat refreshing bersama keluarga berserta sahabat sambil menikmati nuansa alam yang natural serta dapat mengabadikan momen foto bersama dengan berlatar belakang panorama alam begitu sangat di rasakan keharmonisannya dengan orang-orang terdekat.

Masyarakat sekitar objek wisata Pantai Kutang dengan kearifan lokalnya yang di miliki sangat ramah ketika ada pengunjung yang datang tentunya di barengi kitanya untuk tetap menjaga sopan santun dimanapun berada dan kepada siapapun sesuai adat orang jawa. Maka anda tak perlu ragu bertanya maupun berbincang-bincang menanyakan mengenai asal usul nama Pantai Kutang untuk menambah wawasan dari tempat anda kunjungi, perjalanan menjadi lebih seru kan di samping bisa menikmati alam juga tahu cerita tempat itu yang sesungguhnya.

Saat ini di objek wisata Pantai Kutang cukup ramai pengunjungnya walaupun tidak pada libur. Cocok sekali menjadi tujuan anda berwisata alam bersama keluarga, sahabat maupun dengan orang – orang yang kita sayangi untuk menghabiskan waktu liburan bersama atau hari biasa sekedar santai melepas penat sambil menikmati indahnya pesisir pantai Lamongan. Keseruan lebih terasa jika kita berkunjung ramai-ramai dapat bermain pasir atau sekedar memandang keindahan ombak serta pohon mangrove yang teduh.

Untuk tiket masuk di objek wisata Pantai Kutang waktu itu saya berkunjung cukup membayar Rp 2000 rupiah hanya biaya parkir roda dua harga yang sangat murah anda bisa sepuasnya menjelajahi kawasan tersebut sambil berlarian di atas pasir putihnya yang lembut. Objek wisata ini di buka untuk umum pagi sampai sore hari menjelang magrib dan untuk rutenya menuju Pantai Cemara bisa anda baca di bawah ini.

– Rute dari arah barat di mulai dari alon-alon kota Tuban.

Rute dari arah barat di mulai dari  Alon – Alon kota Tuban dari lewat jalur Pantura menuju ketimur melewati Ngaglik, Palang, sampai jembatan lougung perbatasan Tuban-Lamongan masih ketimur lagi sampai perempatan cakaran ambil arah kiri atau utara mentok nanti ada petunjuk arah ikuti saja sampai ke tujuan.

– Rute dari arah timur di mulai pertigaan paciran – Lamongan.

Rute dari arah timur di mulai pertigaan paciran – Lamongan melewati jalur pantai utara (pantura) menuju arah barat melewati wisata bahari Lamongan, pasar blimbing, Sedayu lawas, masih kebarat sampai perempatan cakaran ambil arah kanan atau utara mentok nanti ada petunjuk arah ikuti saja sampai ke tujuan.

Bagi anda yang masih binggung dengan keberadaan Pantai Kutang gunakan saja aplikasi Google Map dan sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan tempat ini sebagian banyak warga lokal telah mengetahuinya. Jadi tidak perlu malu untuk bertanya agar anda tidak kesasar.

Kata pepatah, mengatakan malu bertanya sesat di jalan, maka dari itu bagi anda masih binggung atau belum dengan keberadaan Pantai Kutang sering – sering tanya warga sekitar tak perlu malu-malu bertanya karena warga sangat ramah dan objek wisata ini banyak warga lokal telah mengetahuinya. Jadi anda tidak perlu malu untuk bertanya supaya tidak kesasar dan pastinya akan mempercepat kita sampai di lokasi yang di cari.

Sampai di sini sedikit ulasan menggenai Pantai Kutang semoga tulisan ini bermanfaat, serta bisa menambah reprensi anda dalam mencari objek wisata yang ada di kabupaten Lamongan dan jika anda berkunjung ke kota Lamongan jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang di miliki dengan  beragam objek wisata alam yang keren serta menakjubkan.

Pesan-pesan untuk para pengunjung tempat wisata. Mari kita bersama-sama menjaga alam kita tetap lestari salah satunya jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun tempatnya bukan hanya di objek wisata yang kita kunjungi saja. Supaya tempat-tempat tersebut tetap indah enak di pandang mata. Bukankah, kebersihan sebagian dari pada iman. Apabila ada salah kata dalam penulisan nama maupun tempat dan lainya saya sebagai penulis memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat.” Terima kasih.” salam (Reyvan, Blogger Tuban).

Sumber Foto : akun Facebook Endy Setyo Wibowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *