Melihat Dari Dekat Tebing Pelangi Wisata Alam Mahbeser Bersama Komunitas BAT

Diposting pada

Tebing Pelangi -Berada di pesisir pantai utara Kota Tuban di kenal dengan sebutan Tuban Bumi Wali  mempunyai beragam keindahan alam yang tak kalah menarik dari wilayah lainnya. karena Karakteristik daerahnya di kelilingi alam perbukitan banyak tempat berpotensi menjadi wisata Tuban andalan sehingga sangat layak di kelola atau di kembangkan salah satunya seperti Tebing Pelangi wisata buatan ini dengan memanfaatkan sebuah tempat bekas tambang yang di bangun sedemikan bagusnya serta baru saja di launching hari Jumat, 11 Mei 2018  bisa di bilang wisata baru di Tuban.

Wisata Tebing Pelangi menambah daftar Wisata Tuban sehingga semakin banyaknya tempat – tempat yang menarik di Tuban untuk di kunjungi dapat anda jadikan pilihan tujuan berwisata bersama keluarga, sahabat dan pasangan. Pesona keindahan alamnya yang ditawarkan sangat unik berbeda dari tempat lain terdapat berbagai spot foto ada bentuk love, rumah pengantin, jembatan warna warni, kuda – kudaan, jamur, ayunan krajang, foto di ban bekas di cat warna warni dan masih banyak yang lainya. Area sekitar di kelilingi tebing berwarna hitam menambah keindahan tempat tersebut.

Tebing Pelangi
Sahabat BAT saat foto bersama di pintu masuk wisata Tebing Pelangi

Selain dengan banyak spot swafoto Tebing Pelangi juga kaya akan pemdangan alam yang indah. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan saat di berkunjung di kota Tuban. Wisata ini sendiri berlokasi di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. memiliki karakter tebing – tebing yang keren bekas tambang sebelum sampai kelokasi anda bisa juga akan menjumpai pemandangan yang serupa di tengah perjalanan. Wisata Tebing Pelangi memperlihatkan pemandangan alam cukup eksotis dan menarik oleh keindahannya dan secara langsung kita bisa menikmati.

Tak sampai di situ di lokasi juga dilengkapi dengan permainan Flying Fox untuk memacu adrenalin cukup dengan biaya tiket sekali luncur Rp 20.000 rupiah pengunjung bisa mencoba permainan ini, panjang meluncur kurang lebih 35 meter dan pengujung juga bisa mencoba sensasi naik sepeda layang di atas ketinggian sambil menikmati pemdangan Tebing Pelangi cukup membayar Rp 20.000 rupiah dan wahana lainya yaitu, kolam renang anak -anak  serta fasilitas pendukung juga tersedia toilet dan kamar mandi.

Tebing Pelangi
Deretan warung makan dan minuman di Wisata Tebing Pelangi

Untuk biaya masuk di wisata Tebing Pelangi Rp 12.500 rupiah per orang saat saya berkunjung ingin melihat secara langsung wisata alam mahbeser dengan sahabat Komunitas Blusukan Alam Tuban (BAT) pada hari Jumat,11 Mei 2018 ketika itu bersamaan dengan waktu pembukaan tempat wisata tersebut. Jam buka Tebing Pelangi Senin – Jumat dan Sabtu – Minggu atau hari besar. Bagi yang suka nongkrong santai sambil menikmati kopi di dalam wisata ini terdapat caffe, area bermain  dan warung makanan maupun minuman.

Jadi wisata Tebing Pelangi cocok sekali menjadi tempat refreshing bersama keluarga berserta sahabat sambil menikmati nuansa alam yang serta dapat mengabadikan momen foto bersama dengan berlatar belakang spot foto kekinian panorama alam begitu sangat di rasakan keharmonisannya dengan orang-orang terdekat. Masyarakat sekitar Tebing Pelangi dengan kearifan lokalnya yang di miliki sangat ramah ketika ada pengunjung yang datang tentunya di barengi kitanya untuk tetap menjaga sopan santun dimanapun berada dan kepada siapapun sesuai adat orang jawa. Maka anda tak perlu ragu bertanya maupun berbincang-bincang menanyakan mengenai asal usul nama tempat ini untuk menambah wawasan dari tempat anda kunjungi, perjalanan menjadi lebih seru kan di samping bisa menikmati alam juga tahu cerita tempat itu yang sesungguhnya.

Keberadaan wisata Tebing Pelangi tidak begitu jauh dari pusat kota Tuban kurang lebih 14 kilometer dan wisata bernuansa alam ini kalau sore dan malam hari berudara sejuk karena berada di dataran tinggi daerah sekitar juga  di tumbuhi banyak pepohonan walaupun agak jauh. Akses jalan menuju lokasi wisata tidaklah terlalu sulit bahkan sangat mudah di jangkau karena jalan sudah beraspal hingga mau mendekati lokasi tapi, sementara ini saat saya berkunjung sejauh sekitar kurang lebih 700 meter mau kelokasi jalan masih berupa makadam tapi tak perlu khawatir  semua dapat di lewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta berbagai jenis kendaraan dapat masuk sampai di lokasi parkiran berikut di bawah ini rute yang bisa anda lewati.

– Rute menuju wisata Tebing Pelangi dari arah selatan.

Sahabat BAT saat Foto bersama di spot berswafoto Rumah Pengantin yang ada di wisata Tebing Pelangi

Rute menuju Wisata Tebing Pelangi dari arah selatan di mulai dari warung anjlok Singgahan menuju utara melewati Air Terjun Nglirip, Sungai Kerawak, Desa Wisata Guwoterus dan Goa Putri asih masih keutara sampai pasar Montongsekar, lanjut keutara melewati pohon asam nglayuti, desa koro keutara lagi sampai menemukan baner bertuliskan Tebing Pelangi di sisi kiri jalan nah pas pertigaan itu masuk lurus sampai pertigaan lagi belok kiri lurus tidak lama kemudian anda sudah sampai di lokasi.

– Rute menuju wisata Tebing Pelangi dari arah barat lewat jalur Pantura.

Sahabat BAT saat foto bersama di spot foto wisata Tebing Pelangi

Rute menuju wisata Tebing Pelangi dari arah barat lewat jalur Pantura di mulai dari pertigaan bulu melewati objek wisata Pantai Sowan, Tambakboyo lurus ketimur sampai di pertigaan glondong, pasar Jenu ketimur sekitar kurang lebih satu kilometer ada pertigaan besar itu belok kanan masuk keselatan lurus melewati tugu pasar Merakurak lurus lewat jalur Montong sampai melewati wisata Jati Wangi masih keselatan ikuti jalan lalu empat  tikungan nah di nomer empat tikungan itu ada banner bertuliskan Tebing Pelangi di kanan jalan nah pas pertigaan itu masuk lurus sampai pertigaan lagi belok kiri lurus tidak lama kemudian anda sudah sampai di lokasi.

– Rute menuju wisata Tebing Pelangi dari arah timur atau dari arah kota Tuban.

Sahabat BAT saat foto bersama di spot foto jembatan pelangi yang ada di Wisata Tebing Pelangi.

Rute menuju wisata Tebing Pelangi dari arah timur atau dari arah kota Tuban di mulai dari patung Letda Sucipto menuju ke arah barat ada pertigaan belok kiri ada pertigaan lagi belok kanan lurus lagi kebarat menuju pasar Merakurak sampai tugu Merakurak lurus keselatan lurus lewat jalur Montong sampai melewati wisata Jati Wangi masih keselatan ikuti jalan lalu empat  tikungan nah di nomer empat tikungan itu ada banner bertuliskan Tebing Pelangi di kanan jalan nah pas pertigaan itu masuk lurus sampai pertigaan lagi belok kiri lurus tidak lama kemudian anda sudah sampai di lokasi.

Bagi anda yang masih binggung dengan keberadaan wisata Tebing Pelangi gunakan saja aplikasi Google Map dengan ketik Kecamatan Merakurak jika anda sudah sampai wilayah Merakurak tanya warga sekitar karena sebagian warga sudah mengetahui lokasi wisata Tebing Pelangi jangan malu, sering – sering tanya warga sekitar agar tidak kesasar karena warga sangat ramah dan tempat ini sebagian banyak warga sudah mengetahui.

Perjalanan anda akan lebih berkesan dan kurang lengkap rasanya ketika anda berkunjung di sekitar kota Tuban belum membeli oleh-oleh khasnya yang tersebar di berbagi wilayah Salah satunya buah siwalan (ental), kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, aneka kerajinan juga ada, serta batik gedog bermotif khas yang berpusat di kecamatan  kerek dan masih banyak yang lainya bisa anda jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang di berikan kepada orang tersayang yang menunggu di rumah.

Saya informasikan juga kalau di Kabupaten Tuban selain banyak objek wisata alamnya juga terdapat aneka macam kuliner yang dapat memanjakan lidah serta memiliki banyak makam wali Allah tersohor se-nusantara bahkan sampai mendunia bisa anda kunjungi menjadi tujuan berwisata religi. Makam-makam tersebut selalu ramai para peziarah dari berbagai wilayah seluruh Indonesia datang berziarah dan berdoa  di makam para wali Allah diantaranya yang cukup terkenal di penjuru dunia seperti makam Sunan Mbonang berada di selatanya masjid Agung Tuban serta  Makam Asmoro Qondi berlokasi di palang dan makam Sunan Bejagung terletak di daerah Semanding. Masih banyak makam-makam lainya yang bisa anda kunjungi.

Sampai di sini sedikit ulasan menggenai wisata Tebing Pelangi semoga tulisan ini bermanfaat, serta bisa menambah reprensi anda dalam mencari objek wisata yang ada di kabupaten Tuban dan jika anda berkunjung ke kota Tuban jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang dimiliki. Sudah pasti tidak di ragukan lagi  kalau Tuban Bumi Wali memiliki beragam objek wisata alam yang keren serta menakjubkan.

Pesan-pesan untuk para pengunjung tempat wisata. Mari kita bersama-sama menjaga alam kita tetap lestari salah satunya jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun tempatnya bukan hanya di objek wisata yang kita kunjungi saja. Supaya tempat-tempat tersebut tetap indah enak di pandang mata. Bukankah, kebersihan sebagian dari pada iman. Apabila ada salah kata dalam penulisan nama maupun tempat dan lainya saya sebagai penulis memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat. Terima kasih, salam (Rey).

Blogge Tuban Commonity (BTC)
Pemuda Montong Berbagi (PMB)
Blusukan Alam Tuban (BAT)

2 thoughts on “Melihat Dari Dekat Tebing Pelangi Wisata Alam Mahbeser Bersama Komunitas BAT