Dokumentasi Oleh : Deniey, yutuber asal Desa Maindu, Kecamatan Montong.

Malam Jumat, Api Abadi Maindu Penuh Dengan Para Jamaah Pengajian

Diposting pada

Dalam meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur digelar pengajian umum pada hari Kamis(18/10/2018).

Acara tersebut berlokasi di sebuah tempat potensi wisata dengan sebutan Api Abadi Maindu dan sesuai yang tertulis di banner “Sambang Deso,Noto Agomo” bersama H. Fathul Huda (Bupati Tuban) dan KH. Imam Chambali, Abah Topan dari Surabaya.

Turut Hadir dalam kegiatan ini yakni, Bapak Bupati Tuban H. Fathul Huda beserta para pejabat Pemkab, Bapak Camat Montong Suwoto.SE.MM, Forkompimka, Kepala Desa Se-Kecamatan Montong, Dinas Kecamatan Montong, Dinas Kecamatan Soko, Dinas Kecamatan Grabagan dan seluruh lapisan masyarakat.

Demi kelancaran dan menjaga keamanan saat kegiatan berlangsung di bantu oleh tim keamanan dari Polsek Montong, Koramil Montong, Satpol PP, Banser dan Hansip mengatur tempat parkir serta kenyamanan para jamaah pengajian.

Kegiatan ini di sambut baik oleh masyarakat sehingga para jamaah yang datang sangat banyak hingga ribuan memadati area pengajian dan  jamaah yang datang tersebut dari pelosok desa yang ada di Kecamatan Montong maupun dari kecamatan tetangga seperti Soko dan Grabagan.

Pengajian di Mulai pukul 19.30 wib acara di isi dengan group Khosidah dengan melantunkan sholawat nabi di iringi alat musik rebana dan dilanjut dengan ceramah KH. Imam Chambali, hingga tenggah malam para jamaah tidak beranjak dari tempat duduk dengan setia mendengarkan peceramah sampai selesai.

Dengan terselenggaranya Kegiatan Pengajian umum ini Bapak Camat Montong Suwoto.SE.MM, berharap antara ulama umaroh dan masyarakat dekat, saling guyub rukun serta masyarakat lebih mengerti betapa pentingnya landasan beragama kehidupan di dunia ini,” tuturnya.

Suasana Api Abadi Maindu saat siang hari
Dokumentasi Oleh : Rosya, Panitia Pengajian Umum dan Beliau (Rosya) pemuda Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Sedikit gambaran mengenai potensi wisata Api Abadi Maindu. Pemandangan panorama alam di sekitar lokasi ada bukit-bukit yang indah di tambah lagi suasanya sangat alami udaranyapun segar karena wilayahnya pedesaan.

Api Abadi Maindu ini juga di manfaatkan oleh pemuda/pemudi sekitar di kala sore atau malam hari untuk membakar ubi-ubian dan jagung saat musimnya yang di bawanya dari rumah. tidak jarang juga pemuda luar desa juga datang ketempat ini.

Selain Apinya dapat di buat untuk bakar-bakar makanan yang menjadi daya tarik lain Api Abadi Maindu memiliki  alam sekitarnya indah apalagi saat musim tanam warna hijau mendominasi dan penduduknya sekitarpun sangat ramah ketika ada pendatang berkunjung.

Selain bisa menikmati panorama alam di Api Abadi Maindu pengunjung juga bisa berwisata religi ke makam Raden Ahmad Ronggo Darmo (Mbah Ronggo Darmo) dan Dewi Sindu berada di Dusun Muser, Desa Maindu.

Kalau dari Api Abadi Maindu kita balik ke jalan awal kita masuk menuju kebarat sampai melihat masjid di kanan jalan terus 10 meter ada pertigaan dan di situ ada petunjuk arah pilih kearah Klumpit lurus saja ikuti jalan kurang lebih 4 kilometer  sampai menemukan petunjuk arah ke makam tersebut nah kita ambil arah kiri masih masuk 1 kilometer lagi sudah sampai di makam Mbah Darmo.

Akses menuju makam tersebut sepanjang perjalan sudah beraspal. Cuma, ketika akan sampai kelokasi ke arah makam jalanan kelihatanya pernah di aspal namun, ketika saya berkunjung pada hari Sabtu, 23/12/2017 jalanya sudah tidak bagus mulai dari titik  masuk yang ada papan petunjuk arah berjarak 1 kilometer, entah kalau sekarang di Tahun 2018 ini, walaupun begitu masih bisa di lewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Kedua makam ini  sering di datangi para peziarah dari berbagai wilayah dan setiap tahunya oleh warga di gelar acara pengajian umum dalam rangka untuk memperingati Haul Mbah Ronggo Darmo.

Sebenarnya potensi alam maindu jika di kelola dengan baik bisa menjadi tempat wisata andalan yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Karena selain menikmati alamnya yang indah dan berudara sejuk pengunjung juga bisa berwisata religi ke makam Raden Ahmad Ronggo Darmo yang merupakan wali Allah penyiar agama islam kala itu atau ke makam Dewi Sindu.

Demikian ulasan mengenai Pengajian umum dan keindahan di Api Abadi Maindu. Saya sebagai penulis memohon maaf kepada semua fihak apabila, ada salah kata dalam penulisan. Semoga informasi yang sampaikan bermanfaat.(Reyvan).

4 thoughts on “Malam Jumat, Api Abadi Maindu Penuh Dengan Para Jamaah Pengajian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *