Foto Lomba Balap Egrang di Lapangan Sepak Bola Desa Pakel

Lombakan Permainan Tradisional Egrang Pererat Tali Silaturahmi Warga

Diposting pada

Montong –Dalam rangka memeriahkan Hut Ke-73 Republik Indonesia Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, menggelar lomba permainan tradisional Egrang ditengah ratusan warga yang memadati lapangan sepak bola setempat.

Warga segaja datang di lapangan sepak bola untuk melihat secara langsung berbagai perhelatan perlombaan pada hari Kamis (04/10/2018). Lomba yang di sajikan panitia PHBN yakni, Bola Voli Plastik (Putra), Egrang (SD/MI), Gobak Sodor (Ibu-Ibu).

Kegiatan tersebut merupakan sebagian serangkaian kegiatan di desa. Hari itu di adakan Lomba Balap Egrang disusul lomba Gobak Sodor dan lanjutan dari Lomba Bola Voli Plastik sebelumnya.

Antusias para penonton sangat luar biasa suara sorak sorai, ketawa dan tepuk tangan bergemuruh di tempat  acara berlangsung.

Kegiatan semacam ini terbukti bisa mendatangkan ratusan warga berkumpul menjadi satu serta sebagai momen silaturahmi sesama warga satu dengan yang lain.

Lomba Balap Egrang sendiri di mainkan peserta dari adek-adek tingkat Sekolah Dasar (SD) dan  Madrasah Ibtidaiyah (MI), perwakilan dari masing-masing RT se-Desa Pakel.

Berikut para juara Lomba Balap Egrang yaitu, di raih. Juara 1 RT 22, Juara 2 RT 02 dan Juara 3 RT 26 Desa Pakel.

Ketika melihat jalannya Lomba Balap Egrang membawa memori ingatan saya pada masa kecil dulu keseruan, riang gembira dan bahagia bermain Egrang bersama teman-teman.

Sehingga dalam tiga perlombaan di mainkan. Lomba balap Egrang lah yang menarik perhatian saya. Egrang merupakan termasuk salah satu permainan tradisional hampir jarang ada dan dimainkan di jaman sekarang, khususnya anak-anak lebih suka main gagdet.

Salah satu panitia, Gus Wahid sapaan akrabnya dalam pesan singkat di whatsapp berpendapat Egrang adalah lomba tradisional yang sangat baik untuk anak-anak dan termasuk olahraga tradisional, saat ini sedang mulai kembali diminati banyak masyarakat,” tuturnya.

“Ia berharap dengan di laksanakannya kegiatan lomba ini akan muncul atlit-atlit olahraga tradisional khususnya Egrang dari Desa Pakel. Salam Kompak,” pungkasnya.

Saya sebagai penulis memohon maaf kepada semua fihak apabila, ada salah kata dalam penulisan dan saya ucapkan selamat dan sukses kegiatan berjalan lancar hingga selesai, amin. Selamat juga untuk para juara lomba Balap Egrang.

Demikian ulasan mengenai kegiatan Lomba Balap Egrang, Lomba Gobak Sodor, Lomba Bola Voli Plastik oleh panitia PHBN Desa Pakel Tahun 2018,”(Reyvan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *