Lezatnya Kuliner ekstrim Belalang Goreng Bumbu Sambel Khas Desa Talun

Diposting pada

Selain memiliki beragam potensi wisata alam yang indah antara lain terdiri dari pantai, bukit, goa dan danau Kabupaten Tuban juga mempunyai wisata kuliner yang cukup ekstrim dari sebagian orang yang belum pernah mencicipi olahan masakan satu ini, yaitu Belalang Goreng bumbu sambel khas Desa Talun, Kecamatan Montong, Jawa Timur, Indonesia, keselezatanya bisa bikin lidah kita ketagihan.

Belalang Goreng sangat populer di kalangan masyarakat pedesaan yang ada di Tuban sehingga hanya daerah – daerah tertentu yang menggenal jenis olahan makanan serangga tersebut salah satunya di wilayah montong. Bahan masakan sendiri dipilih dari jenis belalang kayu mudah di temukan saat musim tanam jagung dalam area ladang maupun di hutan yang tidak begitu jauh dengan perkampungan pada saat musim tanam jagung karena binatang ini suka hidup di semak belukar serta di dahan pohon. Namun, bagi para petani serangga ini merupakan hama yang dapat merusak tanaman, lain lagi oleh warga sebut saja mbak Ulfi, dapat menjadi olahan masakan yang lezat kaya akan protein dengan rasa pedas, gurih dan renyah.

Belalang Goreng
Belalang Goreng Saat di Sajikan Bersama Nasi

Rasa Belalang Goreng sendiri seperti udang bisa rasakan sensasi menikmati kuliner extrim ini bagi yang tidak memiliki alergi jangan ragu – ragu memakanya. Tapi, anda yang alergi sebaiknya tidak mencicipinya karena akan mengakibatkan gatal-gatal pada tubuh. Belalang dapat di peroleh ketika ada orang yang menawarkan saat melewati depan rumah di jual dengan harga satu botol ukuran 1,5 liter penuh Rp 35.000 rupiah ketika musimnya dan ketika tidak musimnya harga akan lebih mahal bisa mencapai 70 ribu rupiah bahkan bisa lebih cukup lumayan mahal, tapi sebanding sama rasanya yang enak. Saat musim hujan seperti sekarang ini Belalang lagi musimnya sangat banyak ditemukan di hutan sekitaran montong atau ladang para petani yang di tanami jagung.

Sudah sejak lama Belalang Goreng oleh warga talun sebagai lauk pauk pendamping nasi. Berikut cara mengolahnya cukup mudah pertama-tama kita bersihkan bagian kotorannya dengan cara di gunting ekornya dan dileher di buka lalu di tarik kotorannya keluar setelah selesai semua kemudian di cuci bersih selanjutnya siapkan pengorengan, panaskan minyak masukan belalang goreng sampai berwarna kemerahan setelah di rasa cukup renyah angkat tiriskan. Siapkan bumbunya yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, trasi, garam, penyedap rasa semua bahan di tumbuk halus setelah itu bumbu di goreng sebentar lalu masukan belalang goreng sampai matang lalu diangkat sudah selesai tinggal di hidangkan.

Baca Juga :terowongan pohon asam nglayuti hidup puluhan tahun jadi tempat pavorit foto selfie

wisata alam pesisir pantai cemara kabupaten tuban

tempat menarik wisata alam rumah pohon jatirogo

wisata sendang asmoro kabupaten tuban

potensi wisata nuansa alam air terjun lembah bongok

Masyarakat Talun dengan lokalnya yang di miliki sangat ramah ketika ada pengunjung yang datang ke desa tentunya di barengi kitanya untuk tetap menjaga sopan santun dimanapun berada dan kepada siapapun sesuai adat orang jawa. Maka anda tak perlu ragu berkunjung ke Desa Talun untuk sekedar membeli dan menikmati belalang gorengnya maupun berbincang-bincang sama warga sekitar untuk menambah wawasan dari tempat anda kunjungi, perjalanan menjadi lebih seru kan di samping bisa menikmati wisata kuliner kita  juga tahu cerita tempat  sesungguhnya.

Saya informasikan juga kalau di Kabupaten Tuban selain banyak wisata kuliner ekstrim dan unik juga terdapat banyak makam wali Allah tersohor se-nusantara bahkan sampai mendunia bisa anda kunjungi menjadi tujuan berwisata religi. Makam-makam tersebut selalu ramai para peziarah dari berbagai wilayah seluruh Indonesia datang berziarah dan berdoa  di makam para wali Allah diantaranya yang cukup terkenal di penjuru dunia seperti makam Sunan Mbonang berada di selatanya masjid Agung Tuban serta  Makam Asmoro Qondi berlokasi di palang dan makam Sunan Bejagung terletak di daerah Semanding. Masih banyak makam-makam lainya yang bisa anda kunjungi.

Sampai di sini sedikit ulasan menggenai Belalang Goreng khas Desa Talun, semoga tulisan ini bermanfaat, serta bisa menambah reprensi anda dalam mencari  wisata kuliner yang ada di kabupaten Tuban dan jika anda berkunjung ke kota Tuban jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat ini. Sudah pasti tidak di ragukan lagi  kalau Tuban Bumi Wali memiliki beragam keunikan dalam wisata kulinernya yang nikmat serta mempunyai keindahan panorama alam menakjubkan.

Pesan-pesan untuk para pengunjung di wisata alam dan wisata kuliner. Mari kita bersama-sama menjaga alam kita tetap lestari salah satunya jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun tempatnya bukan hanya di objek wisata yang kita kunjungi saja. Supaya tempat-tempat tersebut tetap indah enak di pandang mata. Bukankah, kebersihan sebagian dari pada iman. Apabila ada salah kata dalam penulisan nama maupun tempat dan lainya saya sebagai penulis memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat. Terima kasih salam (Reyvan, blogger Tuban).

6 thoughts on “Lezatnya Kuliner ekstrim Belalang Goreng Bumbu Sambel Khas Desa Talun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *