Kopdar Blogger Tuban Community

Diposting pada

Kopdar Blogger Tuban Community – Ketika itu cuaca mendung karena bulan Januari adalah musim penghujan. Tapi, tak menyurutkan niat para pengiat blogger untuk berangkat di kegiatan temu kangen para anggota Blogger Tuban Community (BTC). Meskipun belum ada kepengurusan yang sah, sudah ketiga kalinya acara digelar dengan sahabat yang datang saat ini lumayan banyak sehingga dapat bertatap muka langsung dan tentunya moment seperti ini sangat spesial serta dalam hati bahagia sekali bisa berjumpa sahabat blogger se-Kabupaten Tuban pada hari minggu,21/01/2018.

Kegiatan Kopdar Blogger Tuban Community diselenggarakan di Mangrove Center yang merupakan sebuah tempat wisata edukasi dan wisata pantai. Banyak aneka bibit tanaman tersedia di sini kita bisa belajar banyak hal tentang tanaman, selain itu tempat ini juga menjadi tempat outbound, kegiatan pramuka, dan kegiatan sekolah lainya. Tempat tersebut terletak di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Satu demi satu para sahabat blogger datang berkumpul di salah satu gazebo yang di sediakan pengelola. 

Baca juga : spot foto kekinian di wana wisata prataan

Setelah cukup banyak yang datang  acaranya pun di mulai dengan bacaan bismillah pertanda dibukanya pra acara oleh seorang blogger perempuan asal Kecamatan Jenu Mbak Anis Khoir sapaan akrabnya yang memiliki alamat blog www.aniskhoir.com. Dalam pertemuan kali ini pembahasan yang telah di sepakati adalah sebagai berikut pengambilan kaos, pembentukan kepengurusan yang sah, pembahasan kegiatan pelatihan Blogger pemula. Suasana kekeluargaan begitu sangat terasa dan acara demi acara telah berjalan sehingga terbentuklah kepengurusan tahun 2018.

  • Ketua Umum : Reyvan Muhammad (kangrey.com)
  • Wakil Ketua : Anis   Khoiriyah (aniskhoir.com).
  • Sekretaris : Andhika Nur Afian (perahulayarkertas.web.id).
  • Bendahara : Nur Rohmaningrum (nurrochma.com).
  • Humas : Widi Utomo (maswid.web.id), Ahmad Musyaddad (fisco.id), Whini dkk.
  • Dokumnetasi dan Publikasi IT : M.Rofiq (rovicfoundation.blogspot.com), Junaidi (cakjun.id), Fakhruddin (kangrudi.com) dkk.
  • Pengembangan SDM : Bahtiyar Sierad (masbek.id), Arif SW (punakawanku.com), Mashari (bloklimasatu.com) dkk.
  • Penasihat : Joyo Juwoto (4bangilan.blogspot.com) , Adi Sutowo (kaktowo.com), Nafaatin.

Turut hadir waktu itu Ketua Relawan TIK Tuban Kak Rizal (kakrizal.com) merupakan juga anggota blogger Tuban. Jika di lihat dengan seksama Kopdar Blogger Tuban Community sanggat berpengaruh terhadap potensi yang di miliki Kabupaten Tuban karena kontribusinya memberi informasi yang mengulas salah satunya wisata, budaya, kuliner, dan beragam potensi lainya yang ada di Tuban bumi wali serta tak mau ketinggalan memberikan edukasi tentang bahaya Hoax dan ikut serta dalam deklarasi Tuban Anti Hoax.

Semoga dengan terbentuknya kepengurusan saat ini di mulai tanggal 21/01/2018 tahun 2018 blogger Tuban semakin eksis lagi serta  bermanfaat untuk masyarakat, tak kalah pentingnya untuk selalu menjaga kekompakan dan bagi sabahat yang mempunyai ide-ide kreatif mengenai kemajuan  blogger Tuban kedepannya mari kita diskusikan serta sharing bersama di forum, yang belum bergabung silahkan join di group whatsapp dan group facebook Blogger Tuban dengan syarat utama mempunyai alamat blog bagi yang ingin menjadi kontributor web resminya bisa register di www.bloggertuban.or.id.

Mari bersama-sama ciptakan budaya blogging pada masyarakat Tuban Bumi Wali, di harapkan lebih mendalam kencintaannya dalam dunia literasi digital supaya lebih aktif serta giat lagi menulisnya dan Blogger Tuban dengan peraturan yang ada bisa menjadi tempat bernaung para blogger asli kabupaten Tuban disini kita bisa menambah wawasan,belajar bersama serta saling berbagi maupun bertukar ilmu, selain itu bisa mendapatkan persaudaraan dengan sering mengikuti kegiatan kopdar(kopi darat) atau kumpul bareng. Berikut kegiatan kopdar sebelumya yang di laksanakan di daerah Montong dan Tuban kota.

Kopdar Blogger Tuban Community

Kopdar ke 2 Blogger Tuban Community (BTC) di Daerah Montong.

Kopdar Blogger Tuban Community
Kopdar Blogger Tuban di Desa Wisata Guwoterus

komunitas Blogger Tuban Community (BTC) terlaksana kegiatan kopdar kepanjangan dari kopi darat. Kedua kali nya saya ikut acara yang sama, selama saya bergabung dengan komunitas ini di tempat yang berbeda.  Pada hari Sabtu, 06/01/2018 waktu itu kopdar dengan titik kumpul pertama di watu Lawang yang terletak di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Agenda kopdar Blogger Tuban Communitya ini selain mengambil kaos pesanan juga sebagai ajang silaturahmi para pengiat blogger. Di Watu Lawang Guwoterus datang terlebih dulu saya dan cakjun blogger asal Merakurak sembari menunggu sahabat Blogger Tuban Community lainya. Kami berdua melakukan Aktivitas foto di sebuah ikon di pinggir jalan bernama Desa Wisata Guwoterus. Di Kabupaten Tuban Desa ini satu-satunya yang mempunyai nama unik sama dengan nama goa yang yang ada di desa tersebut dan bernama Guwoterus serta wilayah ini kaya akan pesona keelokan alamnya. Daerah sekitarnya di kelilingi bukit-bukit menjulang tinggi serta terlihat rumah warga berada di antara bebatuan yang cantik

Watu Lawang merupakan sebuah tebing yang berdiri dengan megahnya di antara jalan poros Guwoterus menuju Singahan maupun sebaliknya, batuan itu ada secara alami karena desa tersebut di kelilingi perbukitan bertebing dan juga sungai yang mengalir dibawahnya. Bisa di pastikan pemandangan alam di sekitarnya juga indah.

Tak lama kemudian sahabat Blogger Tuban Community dari bagilan yakni bernama mas Mashari,  Mas Rovic, dan Mas Mahbub alamat Suwalan Jenu. Saya dan cakjun dari tadi duduk menunggu di bawah icon guwoterus. Lewat pesan whatsapp mas Rovic menanyakan keberadaan kami, sayapun balas pesan itu pada akhirnya  berkumpul bersama. 

Suasana keakraban sangat terasa saling menyapa dan berjabat tangan bercanda ria bersama tertawa lepas. Mas Rovic lalu membagikan Kaos BTC kepada sahabat yang datang. Karena kegiatan kopdar di hari aktif, hanya lima orang yang hadir. Maklum saja sahabat Blogger Tuban yang tidak bisa hadir mungkin punya kesibukan lain tidak bisa di tinggalkan. semoga lain waktu bisa bergabung di kopdar  Blogger Tuban Community berikutnya supaya acara tambah ramai dan meriah.

Dengan memakai kaos Blogger Tuban Community serta iringgi obrolan ringan tak lupa kami foto bersama buat  kenangan-kenangan serta ekspresi kita bergaya lucu ketika di foto ada yang joget, melambaikan tangan tertawa bersam, seru banget pokoknya. Karena di tempat ini rada sulit jaringan sinyal. Maka, kami berlima memutuskan mencari tempat warung kopi yang bisa dibuat santai.

Warung kopi KPK (komunitas Pecinta Kopi) menjadi pilihan kami yang berlokasi di Desa Pucangan dilengkapi dsngan fasilitas full wifi. Kebetulan jalan searah, saya ajak sahabat blogger mampir di sebuah goa yang menjadi cikal bakal nama Desa Guwoterus, berada di sebelah utara awal kami berkumpul. Sampai di goa para sahabat blogger langsung melakukan foto-foto. Setelah itu memasuki goa terus masuk dari pintu barat tembus keluar di pintu  timur.

Di wilayah  Kecamatan Montong desa ini paling barat dari desa lainya, kaya akan keindahan alamnya menjadikan Guwoterus sebagai Desa Wisata yang produktif berbasis Sedekah.   Desa Wisata Guwoterus Binaan Baznas Tuban dan Baznas Provinsi Jawa Timur, baru-baru ini diresmikan pada tanggal 27/12/2017 oleh Bapak Bupati Fathul Huda.

Saat datang  di desa ini  kita akan menjumpai beberapa baner di pinggir jalan dengan tulisan  aneka Kerajinan dari Bambu, Peternakan Burung Dara, Rumah Baca Siaga, Radio Siaga FM 107,2 mhz, Pedekar Siaga dan River Tubing dengan menaiki ban karet, rasakan sensasi berpetualang menjelajahi aliran sungai di bawah tebing dengan suasana  khas pedesaan.

Kearifan lokal Desa Guwoterus adalah  tradisi sedekah bumi atau bahasa jawanya manganan menjadi agenda tahunan dan diadakan di depan mulut Goa pada bulan-bulan tertentu serta di selenggarakan Langen tayub (sinderan) depan goa terus (tembus kebelakang). Berbagai makanan di bawa oleh masyarakat sekitar menuju ke lokasi sedekah  bumi warga sangat antusias menghadirinya.

Perjalanan kami lanjutkan ke warung kopi KPK kurang lebih sekitar 30 menit sudah sampai. Kamipun menghampiri penjaga warung kemudian memesan minuman, 2 es God day dan 3 extrajos susu. Sambil menunggu pesanan obrolan santai tentang internet mengalir begitu saja  dan di selinggi gurauan sambil mendengarjan musik dari televisi yang disediakan pemilik warung.

Alhamdulillah bertambah lagi peserta kopdar Blogger Tuban Community datang sahabatdari Plumpang mas inun dan mas Zen bertambah menjadi 7 orang yang awalnya lima orang. Sesaat kedatangan mereka berdua menambah  semakin seru obrolan membahas  berbagai pengalaman tentang menulis dalam blog, cara daftar adsense dan lain-lain Sampai cukup lama obrolan berlangsung cukup lama sehingga tak terasa hari sudah mulai sore. Mas inun dan zen berpamitan pulang duluan.

Tersisa lima orang blogger masih tidak berselang lama waktu menunjukan jam empat sore  kami akhirnya membubarkan diri, tak lupa berjabat tangan semiga  berjumpa lagi di kopdar Blogger Tuban Community dan kami pulang kerumah masing-masing sambil melambaikan tangan .✋

Kopdar Perdana Blogger Tuban Community (BTC) di Kota Tuban.

Setelah cukup lama tanpa aktivitas. Blogger Tuban dalam himpunan group whatsapp di sepakati bersama untuk melakukan kegiatan kopdar kembali yang terlaksanakan di Tuban kota rumahnya Ibu Nafaatin sehingga muncul agenda-agenda kopdar lanjutan dan bisa kita lihat di alamat blog milik Cak Jun blogger asal Merakurak  (www.cakjun.id) dan peresmian Blogger Tuban sendiri Pada 30 Oktober 2011, komunitas Blogger Tuban di resmikan oleh pak gempurmedia di kopdar 1000 blogger nusantara, seperti yang tertulis disini selengkapnya bisa kita lihat di profil (www.bloggertuban.or.id).

Saya Reyvan Muhammad mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh sahabat dan para senior atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban tugas sebagai ketua blogger Tuban. Sebenarnya ini beban berat bagiku, karena saya belum  mempunyai pengalaman luas di dunia blogging di bandingkan sahabat-sahabat lainya . Tapi, demi kecintaan saya terhadap Blogger Tuban Community (BTC). Saya akan berusaha semampu kemampuan yang saya miliki demi kemajuan komunitas blogger.

Inilah sahabat keseruan kopdar blogger Tuban selain kita bisa menambah wawasan. Banyak manfaat yang saya dapat dalam kopdar Blogger Tuban Community. Salah satunya menambah ilmu pengetahuan tentang ngeblog dan pengunaan internet sehat serta  bagi pengiat Blogger bisa jadi alernatif berbagi informasi dan mendapatkan informasi yang bermanfaat. Mari bersama-sama gunakan media online jenis apapun dengan bijak.

Mohon maaf bila ada salah kata dan saya ucapkan terima kasih untuk semua tanpa terkecuali.(salam santun untuk para senior blogger Tuban)

9 thoughts on “Kopdar Blogger Tuban Community

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *